Berita


MASA PENGENALAN KAMPUS, 192 CAMA BARU IKUTI PKKMB SECARA DARING

Rabu, 01 September 2021 Jam 10:19 -Posted By Div.Media-AKPERAKBID


Pontianak – Akademi Keperawatan Dharma Insan dan Akademi Kebidanan Santa Benedicta tetap menjadi pilihan bagi masyarakat, terutama lulusan SMA/SMK untuk menempuh pendidikan tinggi Keperawatan dan Kebidanan di masa pandemi Covid-19.

Hal ini terbukti pada penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2021/2022 ini, sebanyak 122 mahasiswa baru AKPER Dharma Insan dan 70 mahasiswa baru AKBID St Benedicta telah diterima menjadi bagian keluarga besar AKPER Dharma Insan & AKBID St Benedicta dibawah naungan Yayasan Landak Bersatu.

Sebelum mengikuti masa perkuliahan, seluruh Mahasiswa Baru wajib mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2021 yang digelar secara daring.

PKKMB Tahun 2021 ini dibuka dengan Misa Daring oleh Romo Sabinus Lohin, SP  dari Kampus AKPER AKBID, Rabu (1/9).

Baik Direktur AKPER Dharma Insan maupun Direktur AKBID St Benedicta mengaku bangga dan bersyukur karena di tengah pandemi Covid-19 antusias masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi di AKPER AKBID masih cukup tinggi. Atas kepercayaan masyarakat tersebut, AKPER AKBID akan terus meningkatkan mutu pendidikan untuk mencetak generasi muda tenaga kesehatan yang profesional dan kompeten. Oleh karena itu, penting bagi Mahasiswa Baru mengikuti kegiatan PKKMB sebagai ajang pengenalan lingkungan kampus sebelum mengikuti proses pembelajaran.

 

“Mahasiswa baru wajib ikuti PKKMB ini yang bertujuan mengenal kampus secara keseluruhan sebelum mengikuti proses pembelajaran yang sesungguhnya,” tegas Trivina, SST, M.Kes Direktur AKBID St Benedicta memberikan kata sambutan mewakili dua institusi.

Sementara via Video, Mendikbud-Ristek, Nadiem Anwar Makarim mengucapkan selamat datang sebagai mahasiswa. Dikatakan, menjadi mahasiswa tidak sama seperti menaiki jenjang sekolah. Sebab, menjadi mahasiswa berarti memiliki kemerdekaan lebih luas menentukan arah masa depan. Oleh karena itu, pihaknya memberikan kemerdekaan untuk mahasiswa di seluruh Indonesia untuk belajar di luar prodi atau di luar kampusnya.

Kata Nadiem Makarim, mahasiswa bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mengikuti program-progam kampus merdeka. Seperti magang diperusahaan atau organisasi, melakukan studi ilmiah, membangun desa, melakukan riset, program kemanusiaan, merancang maupun merintis dunia usaha, dan lain sebagainya.

“Program ini kami rancang untuk memberi bantuan kepada mahasiswa dengan keragaman dan minat untuk memberikan pengalaman,” pungkasnya.

Adapun Narasumber pada PPKMB Unwar Hari Pertama diisi oleh Komjen. Pol. Boy Rafli Amar (Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) dengan materi Bahaya Terorisme. Bridjen. TNI. Jubei Leviantio, S.Sos., M.M. (Direktur Bela Negara, Ditjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI) dengan materi Bela Negara. Herman Yosi Mokalu (Kementerian Komunikasi dan Informatika RI) dengan materi Etika Bersosial Media, Polda KalBar (Penyalahgunaan Narkoba), Wignyo, SH ( Kehidupan Berbangsa, Bernegara & Pembinaan Kesadaran Bela Negara)

Sementara dari internal kampus AKPER AKBID hadir sebagai narasumber yaitu Ns. Antonius Jumadi, M.Kep. (Sosialisasi tentang Penerapan Protokol Kesehatan di Kampus), Ns. Eben Haezer Kristian, M.Kep (Manajemen Keuangan di Akper Dharma Insan Pontianak Pada Era Revolusi Industri 4.0 Pada Masa Pandemi) Ns. Sisilia, S.Kep.M.Kes (Cara Belajar di Perguruan Tinggi dengan Pengenalan Nilai Budaya, Etika, Tata Krama, Norma Kehidupan Kampus, Plagiatrisme dan Bullying), Exbertus, SH (Sistem Informasi di Akademik, website, Media Sosial dan Komunikasi di Akper Dharma Insan Pontianak), Ns. Usu Sius, S.Kep.,M.Biomed. (Layanan Kemahasiswaan), Agnes Dwiana W.A., S.SI.T, M.Kes (Sistem Pembelajaran & Kurikulum Kebidanan), Agustina Nona, APP, M.Kes (Nilai Budaya Etika ), Susanna, SKM, M.Kes (Kesadaran Lingkungan Hidup & Kampus Sehat), Ketua IBI Prov. KalBar ( Organisasi Profesi IBI), Efrosina Ludovika Kalista, SST, M.K.M ( Pengenalan Organisasi Kemahasiswaan), Tri Maharani, S.Si.T, M.K.M (Sosialisasi Bag. Keuangan AKBID), Lina Astuty, SST, M.K.M (Manajemen Resiko, Kesiagaan & Mitigasi Bencana), Therecia Wijayati, SST, M.Kes (Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0), Marice, SST, M.K.M (Orientasi Kampus).

 

(Div.Media-AKPERAKBID)

No: 2/PUSKOM/MED/2021